INVESTASI CONDOTEL (CONDOMINIUM HOTEL) DI BALI!

Saat ini dunia investasi di Bali mengalami pengembangan pesat. Condotel di Bali adalah salah satu investasi yang kini banyak diminati. Condotel di Bali berkembang belum lama ini. Bali yang dikenal sebagai kawasan wisata memiliki peluang investasi pada aspek property seperti condotel.

Investasi condotel di bali sangat menguntungkan, mengapa? Keuntungan-keuntungan dari investasi pada condotel akan kami jabarkan disini serta beberapa unit condotel bali yang tersedia dengan kualitas terbaik dan lokasi yang strategis tentunya. Jika memiliki pertanyaan seputar investasi condotel, anda dapat menghubungi kami disini.

Berlangganan Artikel kami via e-mail

BARU MAU INVESTASI KOK SUDAH UNTUNG???




 PRE SALE Adalah sebuah KESEMPATAN INVESTASI.
Diceritakan: Seorang ibu sebut aja namanya Ibu Yeni, ibu ini sudah membeli condotel tersebut pada saat condotelnya belum dibangun (masih konsep). Dalam tempo sekitar 8 bulan (masa konstruksi) nilai condotelnya itu sudah naik sekitar 30%. Ini yang disebut sebagai “kesempatan investasi dari pre-sale suatu proyek”.

Apa itu PRE SALE?
Konsep pre-sale, merupakan ‘common practice” yang dilakukan dalam bisnis property. Pada saat suatu proyek masih merupakan konsep, developer biasanya menyusun beberapa “pricing strategi”, dan tergantung dari kebijaksanaan masing-masing, maka pre-sale bisa dijadikan suatu kesempatan investasi. Biasanya harga property yang ditawarkan pada “pre-sale” jauh lebih murah dari harga sesudah barang tersebut jadi. “Pre-sale” dilakukan dengan berbagai alasan, seperti membantu cash flow dari developer dan juga untuk meningkatkan ‘rasa percaya diri konsumen’ akan suatu proyek. Biasanya, pre-sale ditawarkan secara ekslusif kepada potensial investor beberapa saat sebelum sebuah proyek dijual secara umum.

Apa keuntungan dari Pre-sale?
Bagi pembeli/investor, ‘kemungkinan” capital gain dari property/proyek yang dibeli dengan harga yang lebih murah. Karena biasanya diberikan berbagai insetif termasuk diskon dan kadang “buy back guarantee” untuk pembelian awal dari suatu proyek. Kadang-kadang, investor merealisasikan profitnya ‘hanya’ beberapa bulan setelah proyek berjalan (masih dalam konstruksi), dengan
menjualnya kepada pembeli atau investor lain. Bagi investor yang lebih” berpengalaman”, mereka akan memiliki tingkat ‘confident’ yang lebih tinggi untuk membeli sedini mungkin. Kadang ini disebut sebagai “early bird sale”. Mereka membeli sebelum proyek tersebut dijualkan ke ‘market’ dan kalau dilihat lokasi dimana proyek itu akan berada, mungkin belum ada aktifitas apa-apa di lapangan. Semua aktifitas masih di atas kertas apa-apa di lapangan. Semua aktifitas masih di atas kertas, dalam bentuk konsep.

Apa risiko dari Pre-sale?
Semua investasi memiliki risiko. “Early bird” akan memiliki risiko jauh lebih besar relative dari mereka yang membeli di tahap berikutnya. Tetapi keungkinan “profit” mereka juga jauh lebih besar. Pada saat investor masuk dalam tahap konsep, masih banyak ‘uncertainty” ketidakpastian yang akan terjadi di lapangan, seperti kemungkinan legalitas dari proyek tersebut (ini termasuk kepemilikan, ijin dan aspek-aspek legal), jangka waktu pembangunan tidak sesuai rencana awal, penyesuaian fasad dan lay out yang terjadi di lapangan, kualitas bangunan dan mungkin juga harga jual akhir tidaklah sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, walaupun “tergiur” dengan potensi profit yang besar untuk suatu pre-sale property, haruslah tetap diperhatikan.

Siapa developernya ?
Sangat “crucial” dalam membeli pre-sale, karena yang dibeli lebih merupakan “janji seorang developer” untuk melaksanakan “konsep” proyeknya. Cari tahu siapa orang-orang dibelakang proyek ini, bagaimana track recordnya, proyek apa saja yang sudah dibangun, bagaimana ‘success rate’ dari proyek-proyek yang sebelumnya, bagaimana karakter developer ini. Sangat sering terjadi, pada saat developer sukses membuat happy para “early bird”, of investor yang menunggu proyek-proyek yang dihasilkan oleh developer.
Oleh karena itu, suatu hal yang lumrah bagi pengembang sekelas Ciputra, untuk menjual pre-sale ratusan unit rumahnya hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Dimana lokasinya?
Ini sangat penting pada saat kita mau merealisasikan “profit” (menjual investasi) dari investasi. Apakah lokasinya bagus untuk proyek tersebut. Bagaimana potensi kenaikan harga tanah/property didaerah tersebut?

Apa konsepnya?

Apakah commercial property, residential, condotel, time share investment, free standing villa atau dalam kompleks. Bagaimana after salesnya, apakah akan dikelola atau jual putus, siapa yang akan mengelola, adakah return garansi dan bagaimana meng-exercise return garansinya dan lain sebagainya.
Bagi mereka yang ketinggalan “pre-sale”, jangan khawatir, sebuah property yang bagus, tetap merupakan suatu investasi yang menguntungkan. Selalu cek karakteristiknya!

Apakah contoh Investasi Pre Sale yang MENGUNTUNGKAN?
Salah satu konsep Pre Sale yang kami rekomendasikan adalah Investasi Condotel Horison Sunset Road Bali. Mengenai informasi selengkapnya akan kami postingkan segera :)